PERBANDIGAN
IKLAN INDONESIA DENGAN IKLAN THAILAND
1. Iklan
Honda
·
Iklan Honda Thailand
Iklan Honda zoomer x
Thailand terkesan “anak muda sekali”, sepertinya iklan ini lebih membidik anak
sekolahan untuk menjadi konsumennya. durasi iklan ini sangat lama sampai 6
menit dan juga ada percakapannya.tetapi cara penyampaian dari iklan ini sangat
menarik dimana cara penyampaiannya secara intelektual, penonton diajak berpikir
maksud dari iklan tersebut dan jalan ceritanya yang menarik perhatian penonton
·
Iklan Honda di
Indonesia
Untuk iklan honda di Indonesia sangat jauh berbeda dengan iklan di Thailand
dimana sasarannya atau segmentasinya untuk semua kalangan bukan pihak tertentu
saja yang akan menjadi konsumennya dan juga
isi di iklannya yang kebanyakan harus dijelaskan secara detail ditambah
percakapan yang jelas yang akan memperjelas maksud dari iklan tersebut.durasi
waktu untuk iklan Honda di Indonesia sangat pendek dibandingkn dengan iklan Thailand
yaitu 2 menit. Walaupun dengan durasi waktu yang pendek iklan ini terkesan
membosankan.
2. Iklan layanan
masyarakat
·
Iklan layanan
masayarakat tentang keselamatan dalam berkendaraan di Thailand
Sama
seperti dindonesia banyaknya pengendaraa
sepeda motor ataupun mobil di Thailand yang sering ngebut. Oleh karena itu Proyek keamanan jalanan Thailand membuat
sebuah Iklan layanan masyarakat untuk
meningkatkan kesadaran tentang bahayanya ngebut atau speeding. Dalam iklan di
Thailand tersebut seorang pengendara
sepeda motor dan penumpangnya yang berkendara dengan kecepatan yang sangat
tinggi. Di layar dijelaskan bahwa dalam kecepatan yang tinggi, pandangan kita
menyempit dalam fenomena yang disebut tunnel vision. Kita tidak lagi mampu
melihat keadaan di sekeliling secara lebih jelas. Tiba-tiba seekor anjing
berjalan melewati jalur si pengendara motor. Akibatnya, pengendara dan penumpang terpental dari
kendaraan roda dua tersebut. Si pengendara bahkan ditabrak oleh mobil dari arah berlawanan.
Iklan ini jelas sekali menancap pikiran penonton dan membuat pengendara terutama pengendara motor untuk berhenti ngebut dijalan.
Iklan
ini jelas segmentasinya di peruntukkan untuk semua lapisan masyarakat , karena
menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian
masyarakat terhadap keselamatan dalam berkendaraan.
·
Iklan layanan
masyarakat keluarga berencana di Indonesia
Mengingat jumlah penduduk di Indonesia yang cukup
padat, maka iklan program keluarga
berencana berupaya mengingatkan
masyarakat Indonesia akan pentingnya program KB (keluarga berencana). Dalam
iklan di Indonesia tersebut dimana dikatakan bahwa membatasi jumlah kelahiran
adalah salah satu cara mencapai keluarga bahagia. dua anak cukup!!!. Ayoo
ibu-ibu di Indonesia dukung program KB di Indonesia.
Segmentasi
iklan layanan masyrakat ini
diperuntukkan untuk wanita yang sudah mempunyai suami. Iklan ini
mengajak segenap ibu-ibu di Indonesia untuk melakukan sesuatu sesuai yang dicanangkan pada iklan tersebut untuk
menuju kehidupan mayarakat yang lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar